AMD Catatkan Peningkatan Pasar GPU Desktop


Terus mencatatkan penurunan pasar dalam empat tahun terakhir, AMD akhirnya menunjukkan tanda-tanda perbaikan dengan mencatatkan peningkatan di pasar GPU desktop. Berdasarkan analisis pasar dari Mercury Research, AMD berhasil mencatatkan peningkatan di kuartal kedua tahun 2016 ini. Peningkatan yang dicatatkan memang tidak terlalu besar, tapi bisa menjadi tanda baik bagi AMD.

Meningkat 2.5% di Q2 2016
Mercury Research menyebutkan bahwa pasar AMD meningkat 2.5% dari kuartal pertama ke kuartal kedua tahun 2016. Di kuartal kedua lalu, AMD disebut berhasil merebut 22.8% pasar GPU desktop. Walaupun masih tertinggal jauh dari NVIDIA, AMD peningkatan ini tetaplah menjadi sebuah pertanda baik bagi AMD, karena mereka terakhir kali mencatatkan peningkatan di tahun 2012 lalu.

Juga Meningkat di GPU Mobile
Selain GPU desktop, AMD juga mencatatkan peningkatan di GPU mobile. Pasar AMD di kuartal kedua lalu meningkat 0.5% ke 36.4% dari keseluruhan GPU mobile. Hanya saja, berbeda dengan GPU desktop, GPU mobile AMD sendiri tidak terus menurun dalam empat tahun terakhir, dengan beberapa periode naik-turun dalam satu tahun terakhir ini.

Masih Harapkan Dorongan Polaris
Satu hal yang menarik, kuartal kedua tahun 2016 ini merupakan periode di mana AMD masih belum mendapatkan dorongan dari GPU Polaris. RX480, GPU pertama dengan arsitektur Polaris, diluncurkan tepat di akhir kuartal kedua, yang bisa saja hanya berimbas sangat sedikit pada keseluruhan penjualan GPU desktop AMD. AMD tentu saja mengharapkan Polaris bisa membawa mereka lebih jauh lagi, dan merapatkan jarak dengan NVIDIA di pasar GPU desktop.

 

0 komentar:

Posting Komentar