MegaMIMO 2.0: Jaringan Wireless 3x Lebih Cepat



Peneliti dari Massachusetts Institute of Technology berhasil menemukan cara untuk meningkatkan kemampuan dari jaringan wireless yang ada saat ini. Peningkatan yang didapatkan salah satunya berupa peningkatan kecepatan hingga tiga kali lipat. Selain itu, jarak transmisi juga meningkat hingga dua kali lipat.

Sinkronisasi Beberapa Wireless Transmitter

Ezzeldin Hamed, Hariharan Rahul, Mohammed Abdelghany, dan Dina Katabi, tim peneliti dari MIT, disebut memanfaatkan koordinasi lebih dari satu wireless transmitter untuk mendapatkan peningkatan tersebut. Ketiganya bisa mengirimkan data melalui wireless channel yang sama ke beberapa wireless receiver. Ini dimungkinkan berkat sinkronisasi fase gelombang, sehingga tidak saling mengganggu.










Mekanisme yang disebut sebagai MegaMIMO 2.0 tersebut bisa jadi solusi pengembangan kemampuan jaringan wireless yang ada saat ini, mengingat kebutuhan akan jaringan wireless terus meningkat, sementara penambahan alat bisa jadi menambah kepadatan jaringan, yang bisa berimbas negatif pasa kemampuan jaringan secara keseluruhan. MegaMIMO 2.0 ini telah dipresentasikan di SIGCOMM 16.

Bisa untuk WiFi Maupun Seluler

MegaMIMO 2.0 ini telah didemokan tim peneliti dari MIT dengan memanfaatkan jaringan WiFi yang umum digunakan saat ini, yaitu dengan standar 802.11 a/g/n. Namun, berdasarkan penjelasan dari tim peneliti, mekanisme ini juga mungkin diterapkan di jaringan seluler. Hanya saja, belum ada informasi lebih lanjut terkait penerapan di jaringan selular.

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar