MIT dan Microsoft Buat Tato Pintar


Sekelompok mahasiswa dari MIT Media Lab dan peneliti dari MIcrosft Research baru-baru ini menghasilkan penemuan yang menarik yaitu sebuah tato pintar. Tato temporer ini dapat digunakan sebagai touchpad untuk kontrol perangkat lain, seperti smartphone. Tidak hanya itu saja, tato ini disebut juga dapat digunakan untuk berbagi data via NFC.

Tato ‘pintar’ ini diberi nama Duo Skin. Rencananya, tato ini akan dipresentasikan di acara simposium yang membahas produk wearable terbaru pada bulan depan. Peneliti dari tato ‘pintar’ ini mengatakan bahwa desain tato ‘pintar’ ini dapat dibuat menyesuaikan dengan keinginan pengguna. Tato ‘pintar’ ini juga dapat diaplikasikan ke materi lain selain kulit manusia.

Duo Skin ini diklaim dapat berubah warna menyesuaikan temperatur kulit pengguna. Bahkan, tato ‘pintar’ ini bisa dilengkapi dengan lampu LED sehingga memungkinkan tato tersebut bersinar di kulit pengguna.

Terkait kegunaan dari tato ini, ini bukan pertama kalinya peneliti menghasilkan temuan yang memungkinkan hadirnya touchpad pada kulit manusia. Tahun 2010 lalu, seorang mahasiswa Carnegie Mellon yang juga berkolaborasi dengan Microsoft Research membuat produk bernama Skinput yang merubah pergelangan atau punggung tangan manusia menjadi sebuah ‘gestural finger input canvas’. Sayangnya, implementasi Skinput sangatlah rumit dibandingkan tato DuoSkin ini.

0 komentar:

Posting Komentar