Gmail Akan Beri Peringatan untuk Link Berbahaya



Google mengabarkan bahwa mereka akan meningkatkan perlindungan keamanan di layanan email mereka, GMail. Melihat tren email berisi link berbahaya yang ada belakangan ini, Google akan coba makin membatasi penyebaran email berbahaya untuk pengguna layanan email mereka. Fitur perlindungan keamanan yang lebih baik ini akan hadir baik dalam GMail versi web maupun aplikasi di perangkat mobile.

Peringatan Sebelum Link Berbahaya Dibuka

Untuk GMail versi web, salah satu masalah yang sering timbul terkait keamanan adalah terbukanya link berbahaya, baik secara sengaja maupun tidak sengaja, oleh pengguna. Fitur perlindungan keamanan terbaru dari Google memungkinkan pengguna menghindari jebakan link berbahaya dengan menampilkan peringatan. Peringatan ini akan muncul dalam wujud menyerupai peringatan yang biasa dijumpai di search engine Google.
Fitur ini tentunya akan membantu pengguna untuk menghindari jebakan link berbahaya di email yang dikirimkan pihak lain. Namun, Google menyebutkan bahwa belum tentu semua link yang berujung pada tampilnya halaman ini merupakan link berbahaya. Secara umum, mereka hanya ingin pengguna lebih berhati-hati dan memastikan link yang mereka buka dari GMail merupakan link yang telah mereka ketahui.

Filter untuk Pengirim Tak Terverifikasi

Selain peringatan untuk link berbahaya, Google juga menghadirkan perlindungan keamanan terbaru untuk pengguna GMail versi aplikasi maupun web untuk pengirim yang tidak bisa diverifikasi. Nantinya, GMail akan menampilkan logo tanda tanga di tempat untuk profile picture pengirim bila pengirim tidak bisa diverifikasi sesuai standar Sender Policy Framework (SPF) atau DKIM. Ini diharapkan membuat pengguna lebih awas terkait email yang dikirim oleh sumber yang tidak jelas.

0 komentar:

Posting Komentar